Jumat, 01 Februari 2013

Satria’s Story


Cerita ini fiktif. Kalau ada kesamaan tokoh, itu tidak disengaja.
           
Kenalin, gue cowok biasa-biasa aja. Suka dengan musik, baca komik dan novel, internetan, tidur siang, dan masak. Yup, gue (kadang) suka masak. Tapi jangan salah sangka dulu. Gue masak dan akhirnya bisa masak karena keadaan. Keadaan seperti apa? Kalian pernah tinggal jauh dari orang tua? Ngekost. Di luar kota. 528 kilo meter dari tempat nyokap?
            Kalo kalian tanya itu ke gue. Iya adalah jawaban gue. Dan karena itulah gue masak sendiri. Gue telpon nyokap tanya bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang diperluin buat bikin makanan yang lagi gue pengen. Gue racik sendiri. Gue uleg sendiri. Gue masak sendiri. And finally, gue makan sendiri. Ini mungkin aneh buat kalian. Kangen masakan nyokap kok malah masak sendiri? Emang rasanya bisa sama? Nah, itu dia hebatnya gue. Asal tau bumbu-bumbu dan bahan-bahannya apa aja, cara masaknya gimana. Semuanya beres. Dijamin, gue sempurna memplagiat masakan nyokap gue. Rasanya? Hmm… maknyus! (menurut gue sih, hehe)
 Gue percaya. Cewek yang jago masak itu cantik. Nah, jadi gue juga percaya kalo gue ganteng. (gubrak!)
 Bagi gue, masak itu adalah seni. Untuk menciptakan hasil masakan yang sempurna ngga cuma asal masak. Perlu penjiwaan. Sama kaya ngelukis. Kita harus bisa memberikan perpaduan warna yang pas agar lukisannya apik.
 Cara masak gue sih sama aja kayak orang lain. Simple. Siapin bahan-bahan  dan bumbu-bumbunya. Peralatan masak lengkap. Dan mental percaya bahwa masakan gue bakalan enak. Gue pernah ngiris bawang bombay cuma dalam hitungan detik (boong banget!). Jelasnya gini, gue melek, terus gue berkedip. Nah, abis berkedip itu bawang bombaynya udah sempurna ke iris oleh tangan dewa gue. Saat itu gue nangis. Bukan karna terharu karena gue jago banget. Tapi karena mata gue perih!
            Nah kebetulan malam minggu kemarin gue abis ngajak cewek ngedate. Namanya Amel--panggil aja begitu. Gue naik motor (motor minjem sih). Amel gue boncengin. Tapi kalo gue ngedate, gue punya peraturan sendiri dalam pelaksanaannya. Kalo kalian nyangka gue bakal ngajak cewek kencan ke restoran mewah sambil dengerin lagu yang romantis, nonton bioskop, ke pasar malem atau jalan-jalan di mall. Kalian salah. Itu basi. Gue punya cara sendiri.
Satria’s Date Rules: Simple-simple aja. Ngga ribet-ribet banget (Insha Allah). Yang penting lain daripada yang lain dan belum pernah ada didunia (kadang lebih kearah yang absurb sih).
Gue ajak si Amel ke pasar tradisional. Mau ngapain? Tentu aja beli bahan-bahan buat masak. Dia mau gue ajak masak.
            Gue blusukan masuk pasar sama si Amel. Gue nyari toko sembako. Karena di situlah bahan-bahan yang gue perluin bertahta. Gue mau masak pancake. Makanya gue mau beli terigu seperapat, telur ayam dua, dan mentega. Bahan lainnya di tempat lain.
Kata temen gue, si Amel itu cewek paling cantik satu sekolahan. Kebayang dong asiknya kayak apa? Katanya gue beruntung bisa ngajak Amel ngedate. Layaknya chef profesional, saat itu gue bener-bener ngeluarin semua keahlian masak gue di depan si Amel.
            Sesampainya dikost gue. Dimulailah kegiatan masak gue sama Amel. Sebelumnya gue pemanasan dulu. Hup…hup…hup…gue lompat-lompat pendek. Biar otot kaki gue ngga cantengan sewaktu berdiri lama saat memasak. Gue melemaskan jari-jari tangan. Menggoyang-goyang pinggul seperti main hola-hup. Mengambil napas dalam-dalam dan hembuskan. Yak, I’m ready.
Gue mulai  mencampur semua adonan yang tersedia. Terigu, gula pasir, garam dan lain-lain. Amel gue suruh ngaduk adonannya sampe rata dan jadi lembut. Karena gue suka bereksperimen yang aneh-aneh, bahan pancakenya gue kasih sosis. Jadi ini bukan pancake yang dimakan pake susu kental manis, selai coklat, nanas atau selai-selai lainnya. Ini pancake yang cocok dimakan pake saus tomat atau saus cabe. Makanya, rasa pancakenya sendiri ngga manis, tapi gurih.
Setengah jam berjalan dengan sempurna. Adonannya udah selesai dibuat. Gue menyeka keringat yang mengucur didahi gue. Gue melihat kearah Amel, dia senyum manis banget ke gue. Bener kata orang-orang, wajah cewek cakep itu memang menghipnotis.
Tapi sialnya, gue lupa masukin telur ke adonan pancakenya. Padahal itu point pentingnya agar pancakenya enak. Alhasil waktu mulai dimasak pancakenya jadi aneh. Gagal. Wajah gue langsung kuyu dihadapan si Amel. Berakhir sudah.
But…
 Ting! Tiba-tiba ada lampu 5 watt nyala di atas kepala gue. Gue punya ide. Pancakenya gue kukus. Waktu itu gue mikir gini, daripada adonannya sayang ngga jadi apa-apa, mending gue manfaatin aja dengan dikukus. Siapa tau bisa jadi kayak bolu kukus. Siapa tau menghasilkan jenis makanan baru. Inilah efek dari pikiran yang sering bereksperimen aneh-aneh dengan masakan. Jadi konslet.
 Tapi itulah kebodohan gue untuk kesekian kalinya. Pancakenya malah jadi kayak bubur tim.
 Sepuluh menit terdiam. Sepuluh menit gue menatap nelangsa ke masakan gagal yang gue buat bareng Amel itu.
 Akhirnya gue sama Amel makan ditempat nasi goreng pinggir jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar